Tuesday, September 8, 2015

Sejarah, Thongchai Jaidee & Anirban Lahiri Masuk Tim Presidents Cup

Thongchai Jaidee
PEGOLF Thailand Thongchai Jaidee dan pegolf India Anirban Lahiri mencatat sejarah dengan masuk dalam tim Presidents Cup di Korea setelah lolos kualifikasi International Team.



Mereka akan berhadapan dengan tim Amerika Serikat, bulan depan.

Lahiri, leader Asian Tour Order of Merit sebelumnya dan dua kali juara Asian Tour musim ini, berada di posisi 7 dalam ranking International Team. Jaidee, satu-satunya pegolf dengan tiga mahkota Order of Merit, di posisi 9. Top-10 otomatis masuk tim.

“Tak bisa saya jelaskan bagaimana perasaan saya karena Anda melihat event ini seperti tim Ryder Cup. Dalam masa pertumbuhan, Anda berpikir takkan mungkin menjadi bagian dari tim. Untunglah ada Presidents Cup untuk kami bisa terlibat dan masuk dalam tim,” kata Lahiri yang baru-baru ini masuk di posisi 40 dunia.

“Saya tahu Jeev (Milkha Singh) sangat dekat untuk bisa masuk tim dalam setahun ini, karena ia masuk 50 Besar dunia. Namun sayangnya ia cedera. Event ini luar biasa bagi dunia golf, tak cuma buat India, tapi juga Asia.”

Lahiri menambahkan sudah tak sabar ingin segera menjadi bagian dari International Team. Hal ini katanya akan jadi dorongan yang masif bagi perkembangan golf di Asia. Pasalnya, animo golf di Amerika begitu besar dan mereka sangat jeli melihat siapa saja yang masuk dalam skuad International Team.

“Masuk dalam International Team sungguh sesuatu yang bersejarah dan istimewa,” tambah Lahiri yang masuk T5 di PGA Championship, bulan lalu. Itu jadi pencapaian terbaiknya sepanjang keikutsertaannya di turnamen major.

“Ini momen membanggakan buat saya. Ini kali pertama pegolf Thailand masuk dalam tim di Presidents Cup,” kata Jaidee pula.

Jaidee, pegolf peringkat 44 dunia, sebelumnya juga nyaris masuk dalam International Team. Pegolf legendaris Thailand ini pernah jadi kapten Team Asia dalam pertarungan EurAsia melawan Team Europa di Malaysia tahun lalu. Saat itu, tim Asia dan Eropa berbagi angka, 10-10, dan Jaidee mengalahkan Graeme McDowell di nomor single.

Jaidee menyebut kehadirannya di International Team akan menginspirasi para pegolf muda di Asia. “Begitu mereka melihat saya bermain di Presidents Cup, mereka pun pastinya menginginkan prestasi serupa,” kata Jaidee, 45, pemegang 13 gelar Asian Tour dan dua kali juara di European Tour.

Masuknya dua nama member Asian Tour dipuji Chairman Asian Tour Kyi Hla.

“Ini penghargaan luar biasa atas prestasi dan reputasi mereka di Asian Tour dan dnia dalam dua musim terakhir,” kata Kyi Hla.

“Keberadaan mereka dalam tim prestisius ini akan mendorong perkembangan golf di  India, Thailand, dan seluruh Asia. Bersama pegolf Jepang Hideki Matsuyama yang juga masuk tim, itu membuktikan golf Asia berkembang dengan sangat baik.”

Lahiri dan Jaidee akan bergabung bersama Jason Day, Louis Oosthuizen, Adam Scott, Hideki Matsuyama, Branden Grace, Marc Leishman, Charl Schwartzel, dan Danny Lee di  International Team yang bakal dikapteni Nick Price. Dua nama lagi bakal diumumkan  pekan ini.

Mereka akan berhadapan dengan US Team, terdiri atas Jordan Spieth, Bubba Watson, Jimmy Walker, Zach Johnson, Jim Furyk, Rickie Fowler, Dustin Johnson, Patrick Reed, Matt Kuchar, dan Chris Kirk (dua nama lagi menyusul).

Turnamen Presidents Cup akan digelar di Jack Nicklaus Golf Club di  Songdo IBD, Incheon City, Korea Selatan, 8-11 Oktober.

Presidents Cup merupakan turnamen internasional yang mempertemukan pegolf-pegolf Amerika Serikat melawan tim luar Amerika Serikat selain Eropa. AS dan Eropa sendiri dipertemukan dalam turnamen tersendiri, Ryder Cup.

Presidents Cup digelar kali pertama pada 1994. Digelar dengan sistem match play. Setiap tim diperkuat 12 pemain belum termasuk kapten tak bermain. Tahun ini, International Team di bawah komando Nick Price untuk kali kedua sejak 2013, sedangkan AS digawangi Jay Haas.

Source: http://www.asiantour.com/2015/09/08/thongchai-lahiri-make-presidents-cup-team/
Kritik & saran: aba.mardjani@yahoo.com atau asmara.gue@gmail.com