Monday, October 12, 2015

Wonderful Indonesia Golf Challenge 2015, Upaya Menggaet Wisatawan

MENTERI Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi pelaksanaan Wonderful Indonesia Golf Challenge 2015 di 9 lapangan golf di Batam dan Bintan, Kepri, 10 Oktober 2015. Dari 913 golfer yang turun di lapangan hijau itu, 60 persen pemain dari luar negeri, sisanya 40% dari Indonesia.

“Golf adalah sport tourism yang strategis di Great Batam. Sasaran pasarnya adalah orang Singapura, Malaysia yang dekat. Juga ekspatriat yang tinggal di kedua negara tersebut,” kata Menpar kepada wartawan, Senin (12/11).

Sembilan Golf Course di Kepri yang menjadi host turnamen itu tersebar enam lapangan di Batam yakni Indah Puri Golf, Tering Bay Golf , Palm Spring Golf , Tamarin Santana Golf, Southlinks Golf , Padang Sukajadi Golf, dan 3 lapangan di Bintan, yakni Bintan Golf Club, Bintan Lagoon Golf Club, Laguna Bintan Golf Club.

Bagi warga Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, Cina Taipei, dan Australia yang hobi golf, bermain di kawasan Great Batam itu lebih murah –paling tidak jika dibandingkan dengan di negaranya. Panoramanya lebih cantik, lebih hijau, dengan lapangan yang lebih menantang.

Karena itu, golfer adalah salah satu objek wisata olahraga, yang disediakan dengan leluasa di Batam dan Bintan.

“Kita tahu, golfer adalah pasar kelas atas yang berpotensi membelanjakan uangnya lebih banyak ke Batam-Bintan. Spending-nya di atas rata-rata. Jadi ini mengejar kualitas target wisatawan,” jelasnya.

Bagaimana tanggapan golfer asing yang ikut dalam Turnamen Golf itu?

“Antusias, sangat memuaskan, feedback-nya bagus. Banyak golfer asing yang meminta agar tahun depan Wonderful Indonesia Golf Challenge 2016 digelar lagi. Lebih dari 500 orang asing yang bermain takjub dengan lapangan golf di Batam dan Bintan,” kata Steve Japari, Ketua Panpel Wonderful Indonesia Golf Challenge 2015 yang juga GM Palm Spring Golf & Beach Resort, Batam.

Turnamen golf amatir ini memperebutkan Piala Bergilir Menteri Pariwisata, dengan hadiah uang tunai hingga Rp 100 juta di setiap lapangan golf bila berhasil memperoleh Hole In One.

Juga disiapkan lucky draw Rp20.500.000, Rp10.100.000, dan Rp5.050.000, serta hadiah tambahan elektronik, gadget, golf equipment yang nilainya sekitar Rp50 juta.

“Dengan jumlah pegolf 913 itu, Wonderful Indonesia Golf Challenge 2015 berhasil meraih rekor MURI,” tambah I Gde Pitana, Deputi Pemasaran Mancanegara Kemenpar.

Kadispar Kepri Guntur Sakti menjelaskan turnamen golf adalah satu di antara banyak event yang sedang dirancang di Kepri, untuk memikat originasi Singapura-Malaysia. Karena Singapura-Batam, dan Singapura-Bintan itu tidak sampai satu jam perjalanan laut.

“Kami ngebut, karena target Great Batam cukup besar, 2,5 juta wisman setahun. Kami tidak mau gagal,” katanya yang menyebut golf adalah destinasi wisata tersendiri buat Great Batam.

Ria Bintan Golf di Bintan, misalnya. Golf Course itu tercatat sebagai lapangan golf terbaik di Asia. Dalam setahun Batam dan Bintan kedatangan sekitar 120 ribu pegolf asing. Khusus pegolf dari Singapura lebih asyik dan lebih murah bermain golf sana. Hematnya, sekitar 30% dari yang seharusnya dibayarkan di Singapura.

Source: http://www.riabintan.com/images/Ocean-Course.jpg (Foto)
Email: asmara.gue@gmail.com/aba.mardjani@yahoo.com