Wednesday, October 7, 2015

Ini 3 Pegolf Belia Cina yang Siap Bersaing Dengan Pegolf Elite di UBS Hong Kong Open

Pan Cheng-tsung
DARATAN Cina setidaknya punya tiga pegolf muda yang bakal bersaing dengan pegolf-pegolf elite dunia di UBS Hong Kong Open, 22-25 Oktober.

Dari Cina Taipei ada Pan Cheng-tsung. Lalu Cina punya Li Haotong. Dan tuan rumah Hong Kong mengandalkan Jason Hak.

Lawan mereka tentu bukan sembarangan. Ada Justin Rose, Dustin Johnson, Graeme McDowell, dan Patrick Reed dari kawasan AS dan Eropa.

Dari Asian Tour, ada pegolf-pegolf kelas berat semisal Anirban Lahiri dari India, Thongchai Jaidee dari Thailand, jawara bertahan Scott Hend dari Australia.

Saat ini, sebagian dari mereka tengah bertarung di Presidents Cup di Incheon, Korea Selatan. Setelah itu, mereka siap beraksi di Hong Kong Golf Club.

Chen-tsung, 23, baru saja beralih status ke pro setelah lulus dari University of Washington sebagai pegolf penerima beasiswa paling sukses dalam sejarah. Ia kini menduduki peringkat 1 World Amateur Golf Ranking.

Ia melakukan debutnya di US Open di Chambers Bay. Namun, itu juga jadi turnamen major-nya yang keempat. Di US Open ia lolos cut dan finis di posisi T-64.

“Saya tak sabar untuk beraksi di UBS Hong Kong Open,” kata Chen-tsung di laman asiantour.com. “Saya sudah bermain di beberapa event besar di AS dan 4 turnamen major. Tapi, tetap terasa istimewa bisa kembali ke Cina dan bermain sebagai profesional di turnamen Asian dan European Tour ini.”

“Harapannya saya bisa bermain bagus dan masuk posisi atas. Saya kira kami memang ingin bersaing dengan pegolf kelas dunia sekaligus menguji kemampuan kami melawan pemain seperti Justin,  Dustin, Graeme, dan Patrick. Itu akan jadi pengalaman hebat.”

Nama Haotong juga tak asing di European Tour. Di Shenzen International, pegolf yang kini berusia 20 ini nyaris missed out. Namun, pada akhirnya, ia malah nyaris jadi pemain Cina pertama yang jadi juara European Tour di kandang sendiri.

Sayang, setelah bermain brilian di Genzon Golf Club, Haotong kalah dalam duel playoff melawan Kiradech Aphibarnrat dari Thailand. Lalu, di Volvo China Open pekan berikutnya, ia duduk di T-6.

“Setelah nyaris jadi pemenangan European Tour di Cina di awal tahun, mestinya saya bisa tampil lebih baik di Hong Kong Open. Saya sudah dengar turnamen tertua ini dengan para juaranya yang punya nama besar. Luar biasa jika nama saya masuk daftar pemenang,” kata Haotong.

Hak, dari Hong Kong, punya sejarah di UBS Hong Kong Open. Pada November 2008, ia jadi pegolf termuda yang tampil di Hong Kong Golf Club. Ketika itu, ia jadi pegolf termuda di event European Tour yang make the cut (lolos kualifikasi) pada usia 14 tahun dan 304 hari (sekitar 10 bulan 14 hari). Ia memecahkan rekor Sergio GarcĂ­a  dari Spanyol di Turespana Open Mediterrania pada 1995.

“Saya suka Hong Kong Golf Club dan fantastis kini UBS kembali jadi titel sponsor. Mereka sudah membuktikan bisa mendatangkan pegolf-pegolf hebat seperti juga tahun ini. Ini akan kembali jadi event yang luar biasa.

* Note: Secara teknis saya tak bisa meng-upload 3 foto para pegolf
* Sumber: asiantour.com
* Kritik & saran: asmara.gue@gmail.com or aba.mardjani@yahoo.com


No comments:

Post a Comment