Wednesday, August 12, 2015

Skenario Spieth Ambil Alih Posisi Teratas Dunia

PASTINYA bukan kebetulan Rory McIlroy ingin buru-buru kembali bermain setelah 6-8 pekan istirahat karena cedera, untuk mempertahankan gelarnya di PGA Championship.

Ini memang bukan cuma soal mempertahankan gelar, tapi juga posisinya di peringkat 1 dunia yang juga terancam.

Sedikitnya ada lima skenario di mana McIlroy harus menyerahkan posisinya sebagai pegolf nomor 1 dunia kepada Jordan Spieth dalam perjuangan yang berat di Whistling Straits, tempat PGA Championship digelar mulai Kamis (13/8) ini atau Jumat waktu di Indonesia.

Pekan lalu di Fairstone, Spieth yang kini di posisi 2, mestinya sudah bisa menggulingkan McIlroy. Namun, dengan dengan masuk T-10, langkahnya makin mudah di PGA.

Pekan ini, skenario pertama, Spieth jadi pegolf nomor 1 dunia jika ia jadi juara dan McIlroy tidak masuk di posisi 2.

Skenario lainnya:
- Spieth di posisi 2 dan McIlroy tak masuk T-6.
- Spieth di T2 bersama 1 pegolf lain dan McIlroy di luar T-13.
- Spieth di T2 bersama 2 pegolf lain dan McIlroy di luar T-33.
- Spieth di posisi 3 sendirian dan McIlroy miss the cut.

McIlroy agaknya takkan menyerah begitu saja. Apalagi, misalnya, sampai mengundurkan diri menyusul cedera engkel yang dialaminya beberapa waktu lalu karena bermain bola.

Meski begitu, ia juga memuji sepak terjang Spieth, pegolf berusia 22 yang sudah mengoleksi 2 gelar major.

"Ia banyak mendapat sorotan tahun ini dan saya kira itu layak," kata McIlroy, Rabu (12/8). "Ini tahun terbaik golf yang pernah kita alami setelah lama sekali menanti."

Di PGA Championship, keduanya akan bermain bersama dalam dua babak pertama. Ini jadi teater yang menarik bagi penggemar golf di seluruh dunia, ketika pegolf peringkat 1 dan 2 akan head-to-head kali ke-9 dan ke-10 sepanjang karier mereka.

Siapa jadi yang terbaik?

Bisa jadi Spieth. Ia sudah mencatat sejarah dengan 2 gelar major, empat kemenangan, kampanye 9,3 juta dolar AS. McIlroy sudah merebut 3 gelar tahun ini. Tapi, ia akan bermain lagi setelah istirahat 53 hari karena cedera engkel.

McIlroy juga setuju dengan pendapat itu. Spieth bahkan dianggap pemain terbaik di planet ini.

Meski begitu, soal siapa yang terbaik, McIlroy punya jawabannya. "Nanti, setelah turnamen berakhir saya bilang," katanya tersenyum.

* Blog ini dibuat atas dasar iseng saja. Tapi, bukan iseng-iseng juga si. Jadi, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Kalau Anda punya kritik, saran, atau apalah, bisa lewat aba.mardjani@yahoo.com