Monday, August 24, 2015

Pegolf Thailand Thongchai Jaidee Siap Gelar Turnamennya Sendiri

PEGOLF kondang Thailand Thongchai Jaidee mengumumkan, Senin (24/8), akan menggelar turnamennya sendiri, Thongchai Jaidee Foundation 2015, untuk kali pertama di Black Mountain Golf Club di Hua Hin, Thailand, 10-13 September.

Tak kurang dari 156 pegolf akan ambil bagian dan bertarung untuk memperebutkan total hadiah 4 juta baht (sekitar Rp1,5 miliar). Dari 156 peserta itu, 20 merupakan undangan, sisanya diambil dari ADT (Asian Development Tour) dan All Thailand Golf Tour.

Thongchai, 45, penyandang tiga gelar Asian Tour Order of Merit dan 13 gelar dari berbagai turnamen internasional, jadi pegolf Asian Tour yang menggelar turnamennya sendiri. Dua lainnya adalah KJ Choi dari Korea dan rekan senegara Thongchai, Boonchu Ruangkit.

Kehadiran Tongchai Jaidee Foundation 2015 akan membuat seri ADT menjadi 25, suatu jumlah yang luar biasa mengingat ADT baru diluncurkan Asian Tour pada 2010. ADT merupakan pintu masuk para pegolf untuk bersaing di level utama Asian Tour.

Meski terus bertarung di tingkat dunia, Thongchai merupakan pegolf yang membumi di tanah kelahirannya sendiri. Buktinya, pada 2009, ia mendirikan Thongchai Jaidee Foundation untuk membantu dan mengangkat prestasi para pegolf belia yang lahir di kota kelahirannya di Lopburi.

"Melalui Thongchai Jaidee Foundation, misi kami adalah bagaimana bisa berbagi. Melalui yayasan ini kami memberi beasiswa bagi para pegolf muda, memberi mereka pengajaran dan akomodasinya. Melalui semua itu kami berharap kelak mereka punya prestasi dan bisa hidup layak," kata Thongchai yang terakhir berada di posisi 41 dunia, dikutip dari laman asiantour.com.

Thongchai menyebut pendirian yayasannya terinspirasi oleh sepak terjang dan dedikasi pegolf veteran Boonchu. Salah satunya, turnamen ADT pun menggunakan namanya sebagai penghargaan atas prestasi dan reputasinya.

"Boonchu adalah pegolf yang sangat dihormati di Thailand dan saya sangat terinspirasi dengan determinasi serta komitmennya untuk berbagi. Melalui Thongchai Jaidee Foundation saya akan melakukan hal serupa," kata Thongchai.

Langkah Thongchai juga mendapat apresiasi Associate Director Asian Tour Irfan Hamid. "Atas nama ADT, kami tentu mendukung langkahnya melalui Thongchai Jaidee Foundation 2015," kata Irfan.

ADT akan memberi penghargaan bagi lima teratas peraih Order of Merit untuk tampil di Asian Tour 2016.

Thongchai Jaidee Foundation 2015 sendiri digelar dengan dukungan sponsor SINGHA, Betagro, Idemitsu, Tune Insurance, Mazda, Ricoh, Oakley, dan Golf Pride.

* This blog is presented to be the inspiration for Indonesian golfers of how great Asian and South East Asian golfers on the world stage. Indonesian golfers should also be able to compete as Thailand, Malaysian, or Singaporean golfers which is already global. I wish this blog will be a web blog someday if there is already an adequate cost. If you have any criticisms or suggestions, can be delivered through aba.mardjani@yahoo.com.