Monday, August 17, 2015

Inilah 15 Fakta Tentang Pegolf India Anirban Lahiri

ANIRBAN Lahiri, pegolf India kelahiran Asansol, India, 29 Juni 1987, berbinar ketika ia duduk di T-5 turnamen major PGA Championship di Whistling Straits, Kohler, Wisnconsin, AS, Minggu (16/8).

Di turnamen yang dijuarai Jason Day dari Australia dengan total skor 268 itu, Lahiri berbagi tempat dengan Brooks Koepka di posisi 5 dengan total 275 atau berselisih 7 stroke dari Day. Dengan hasil itu, Lahiri membawa pulang hadiah 367.500 dolar AS atau sekitar Rp4,9 miliar.

Lahiri memang salah satu pegolf India paling menonjol bahkan di tingkat Asia,  di mana ia berkiprah di Asian Tour. Sebagai pegolf elite, sepanjang 2015 ia sudah memenangi dua turnamen rangkaian European Tour dan Asian Tour di Maybank Malaysian Open dan Hero Indian Tour.

Di turnamen rangkaian Asian Tour sendiri, Lahiri sudah mengantongi 7 gelar, salah satunya CIMB Niaga Indonesian Masters 2014.

Berikut 15 Fakta tentang Lahiri, dikutip dari 16 Fakta tentang Lahiri:

1. Ayah Lahiri bekerja sebagai dokter kemiliteran India, sedangkan ibunya seorang dosen. Kata ayahnya, untuk menjadi pegolf yang baik, ia harus bekerja keras. Kata ibunya, ia cukup jadi orang yang baik.

2. Ia jadi pemain nasional India bersama antara lain Gaganjeet Bhullar dan merebut perak di Asian Games Doha 2006.

3. Lahiri bergabung di Asian Tour pada 2008. Di tahun rookie-nya, ia finis di posisi 111 Asian Tour Order of Merit.

4. Pada 2008, ia jadi pegolf terakhir yang terdaftar di Singapore Open setelah Ian Poulter mundur. Di dua babak pertama ia bermain bersama pegolf kenamaan Amerika Serikat Phil Mickelson dan Thaworn Wiratchan dari Thailand. Ia memukul 80 dan 76 untuk kemudian missed the cut (terdiskualifikasi).

5. Film favoritnya adalah Shawshank Redemption.

6. Ia memenangi gelar Asian Tour pertamanya pada 2011. Setelah itu, setiap tahun ia selalu meraih gelar.

7. Lahiri adalah pengikut kelompok meditasi Vipassna. Menurutnya, itulah yang membantu prestasinya di golf.

8. Ketika bertanding di luar negeri, makanan favoritnya adalah sushi dan sashimi.

9. Ia tampil kali pertama di turnamen major pada 2012 di The Open. Ia mencetak hole-in-one di babak 3 dan mengakhiri perjuangannya dengan duduk di posisi T-31.

10. Ia juga masuk dalam tim EurAsia Cup. Ia membantu tim Asia dalam pertarungan dramatis yang berkesudahan 10-10 melawan tim Eropa namun kemudian kalah 0-5 di hari pertama.

11. Superpahlawan favoritnya adalah Batman.

12. Lahiri menikah dengan pacar lamanya, Ipsa Jamwal, Mei 2014. Pernikahan, katanya, memberinya keseimbangan di dalam dan di luar lapangan.

13. Pada tahun yang sama, ia mendapatkan anugerah Arjuna dari Presiden India. Ia pegolf ke-9 India yang meraih anugerah serupa di Rasthtrapati Bhawan.

14. Awalnya ia bermain squash. Ia berhenti karena cedera.

15. Ia suka memasak. Masakan kari kambing-nya, katanya, sangat disukai sahabat-sahabatnya.*

* Blog ini dibuat atas dasar iseng saja. Tapi, bukan iseng-iseng juga si. Jadi, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Kalau Anda punya kritik, saran, atau apalah, bisa lewat email: aba.mardjani@yahoo.com. Atau, kalau Anda punya produk baru dari dunia golf, bisa juga dibagi-bagikan info-nya di sini. Siapa tahu ada manfaatnya.