Monday, July 6, 2015

Sayang Sekali Jika McIlroy Absen di The Open Championship

KABAR buruk memang menerpa panitia penyelenggara Turnamen Golf The Open, turnamen berkelas major yang bakal digelar mulai 16 Juli.

Rory McIlroy, pegolf nomor 1 dunia sekaligus juara bertahan, hampir pasti absen karena cedera cukup serius pada engkel kaki kirinya setelah kena tekel pada pertandingan sepakbola bersama sahabat-sahabatnya, Sabtu (4/7). McIlroy sudah menjalani operasi dan butuh waktu untuk proses penyembuhannya.

Kabar ini tentu saja tak cuma mengecewakan para penggemar McIlroy di dunia, tapi juga penyelenggara turnamen.

Turnamen yang juga dipastikan tanpa McIlroy adalah Scottish Open mulai Kamis (9/7), seperti dikatakan Sean O'Flaherty, juru bicara McIlroy.

Turnamen The Open Championship sendiri digelar di St Andrews setelah terakhir pada 2010. Ketika itu, McIlroy berada di posisi 3 setelah memukul 63-80-69-68.

Tahun ini, sebagai juara bertahan dan pegolf nomor 1 dunia, McIlroy diunggulkan 5-1. Namun, posisinya berubah menjadi 8-1 setelah pengumuman cedera, sementara harapan kehadiran McIlroy masih tetap tumbuh.

"Sayang sekali, tentu saja," kata pegolf Luke Donald, kepada Associated Press. "Saya tak pernah bilang, 'jangan main bola atau sejenisnya.' Tapi ini memang saat ketidak beruntungan. Golf jadi sangat menarik karena ada Rory dan Jordan (Spieth). Memalukan jika Rory absen the Open, yang nampaknya hampir pasti."

"Ini pukulan besar buat The Open," kata mantan kapten Ryder Cup, Sam Torrance.

Tahun lalu, McIlroy juara di Royal Liverpool setelah bermain wire-to-wire (unggul sejak hari pertama) dan menang dengan keunggulan 6 pukulan. Ia juga juara PGA Championship sekaligus menemp[atkandirinya sejajar dengan Jack Nicklaus, Tiger Woods, dan Bobby Jones, para pegolf yang bisa merebut 4 gelar major di usia 25 tahun atau di bawah 25 tahun.