Thursday, October 22, 2015

Kamus Golf

APPROACH SHOT
Yaitu pukulan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendekatkan bola golf pada green dengan jarak sedang atau pendek (dekat). Ada tiga jenis approach shot: pitch shot, flop, dan chip.



BIRDIE
Pukulan 1 di bawah par. (Misalnya, par 3 dan Anda memukul dua kali bola sudah masuk lubang. Disebut juga 1-under).

BOGEY
Pukulan 1 di atas par. (Misalnya, pada par 3 tapi Anda memukul 4 kali atau disebut juga 1-over).

BUNKER SHOT
Yaitu pukulan yang dilakukan ketika bola golf sudah berada di bunker bagian atas. Stik yang digunakan adalah sand wedge.

CADDY
Caddy adalah seseorang yang membawa peralatan pemain dan membantu pemain menyelesaikan suatu hole dengan memberi saran.

CHIP
Ini juga bagian dari jenis APPROACH SHOT, pukulan jenis rendah dan bola menggelinding dengan arah menuju green.

CHIP-IN
Bila pemain berhasil memasukkan bola ke lubang tidak dari green.

DOUBLE BOGEY
Pukulan 2 di atas par. (Misalnya, pada lubang dengan par 3, namun Anda memukul 5 kali).

EAGLE
Pukulan 2 di bawah par. (Misalnya, pada lubang dengan par 5, Anda memukul tiga kali).

FAIRWAY
Tempat mendaratnya bola, biasanya mempunyai rumput yang lebih pendek.

FAIRWAY SHOT
Pukulan fairway. Stik yang paling sering digunakan untuk melakukan pukulan jenis ini adalah iron dan wedge.

FLOP
Ini bagian dari APPROACH SHOT, pukulan dengan ukuran jarak yang agak tinggi (sedang) dan berhenti secara langsung ketika bola sudah sampai di tanah. Pukulan jenis ini sering dilakukan ketika ada rintangan sewaktu bola mau sampai pada green. Jenis tongkat yang sering digunakan adalah sand wedge dan lob wedge.

FOURSOME
Dua tim yang terdiri atas dua orang yang berkompetisi pada permainan match play. Anggota dari setiap tim memukul bergantian dengan menggunakan satu bola.

GOLF
Golf adalah olahraga yang pemainannya diadakan di lapangan luas dan dibuat hanya untuk golf. Dalam satu lapangan atau padang golf, terdapat sembilan atau delapan belas lubang atau hole. Masing-masing hole ini mempunyai rintangan yang disebut HAZARD yang biasanya berbentuk kolam air atau cekungan yang di dalamnya terdapat pasir disebut BUNKER. Adapun cara bermain golf adalah dengan memasukkan bola ke lubang dengan menggunakan tongkat pemukul --biasa disebut stik atau klub. Semakin sedikit kita menggunakan pukulan, maka semakin tinggi nilai yang diperoleh.

GREEN
Arena di seputar hole atau area putting. Di tengah green ada lubang yang menjadi sasaran semua pegolf sejak awal melakukan tee.

HAZARDS
Rintangan dalam golf, bisa berupa water hazard (sungai, danau) atau bunker (cekungan berisi pasir).

HOLE (CUP)
Lubang untuk memasukan bola

HOLE IN ONE
Bola langsung masuk ke lubang dengan satu kali pukul dari Tee. Biasanya  terjadi di lubang dengan par 3.

KNOCKDOWN (atau PUNCH)
Yaitu melakukan pukulan yang rendah dengan tujuan agar tidak terkena dahan atau ranting pohon serta angin kuat yang berada di atas.

OB
Out of bounds, area di luar course, biasanya ditandai dengan pasak-pasak. Bila bola pemain mendarat di zona OB, pemain bersangkutan akan menerima penalti 1 pukulan dan mengulang pukulan dari tempat sebelumnya.

PAR
Adalah jumlah pukulan yang diharapkan dapat dipenuhi pegolf yang bermain 'aman', di setiap hole. Sebagai contoh, pada hole par 4, seorang pemain golf diharapkan mencapai green dalam dua pukulan (satu kali teeing shot, atau pukulan pertama, dan satu pukulan mendekati hole 'approaching shot'), dan melakukan dua kali putting untuk memasukkan bola ke lubang.
Pada sebagian besar padang golf 18 lubang, total pukulan adalah 72 kali yang terdiri atas 4 lubang ber-par 3, 10 lubang ber-par 4, dan 4 lubang ber-par 5.

PITCH SHOT
Ini bagian dari APPROACH SHOT, yaitu melayangkan bola di bagian atas green atau di dekatnya dengan menggunakan pemukul jenis iron enam atau lob wedge.

PUNCH (atau KNOCKDOWN)
Yaitu melakukan pukulan yang rendah dengan tujuan agar tidak terkena dahan atau ranting pohon serta angin kuat yang berada di atas.

PUTTER
Stick yang digunakan pegolf saat  bermain di green.

PUTTING
Kebanyakan pemain golf mengatakan bila ini adalah jenis pukulan yang paling sulit untuk dilakukan. Pukulan ini dilakukan ketika berada di atas green. Adapun stik pemukul yang digunakan adalah jenis putter, yaitu tongkat untuk melakukan pukulan dengan jarak yang pendek.

ROUGH
Sama dengan fairway, hanya rumput di daerah ini lebih panjang.

TEEING GROUNDTempat untuk melakukan pukulan pertama.

TEE SHOT
Adalah istilah untuk pukulan yang dilakukan pertama kali ketika bola golf masih berada di tempat khusus yang telah ditentukan. Stick yang digunakan untuk pukulan jenis ini adalah driver dan iron. Driver digunakan bila holenya panjang, sedang iron digunakan untuk hole yang lebih pendek.

---- Baik, ini dulu. Nanti saya tambahkan sedikit demi sedikit.